Rishela's Blog

kereta nirwana sang senja

Tidak serumit yang kita pikirkan

kemarin malam aku begadang lagi, entah kenapa belakangan ini susah sekali rasanya aku memejamkan mata di saat jam tidur sudah memanggil, ujung-ujungnya tidak tidur dan keesokan harinya baru tertidur.. huff.. pola hidup yang sudah tidak stabil..

pagi tadi, setelah begadang semalaman akhirnya aku baru bisa tertidur sekitar pukul 8.. rasa kantuk yang begitu kunantikan akhirnya datang juga dan akupun menyambutnya dengan langsung merebahkan tubuhku dalam buaian pulau kapuk..

aku tertidur begitu pulas dan selang beberapa jam akupun terbangun.. lagi-lagi dikarenakan perutku yang merintih meminta asupan makanan.. aku pun bergegas mandi lalu membeli makan dan setelah itu aku melanjutkan aktifitasku seperti biasa…

setelah menyelesaikan semuanya lagi-lagi rasa kantuk melanda diriku… hoaaamm.. dengan beberapa kali menguap akhirnya aku memutuskan untuk tidur lagi…

tiba-tiba saja mimpi buruk memaksaku untuk beranjak dari pulau kapuk… hmm mimpi yang aneh.. begitu bangun aku melemparkan pandanganku pada jam dinding yang menunjukan pukul 6 sore..hmmm… sudah hampir malam ternyata, aku beranjak dan langsung menatap monitor lappyku.. (tanpa dijelaskan kelanjutannya aku yakin kalian bisa tebak aku ngapain..hwahahaha)

tak lama kemudian temanku mengabari kalo dia mau berkunjung ke kostanku.. biasanya sii dia langsung datang tanpa konfirmasi dulu, nampaknya pulasnya aku tidur tadi membuatku mengabaikan kehadirannya.. dan benar saja… dia sengaja mengatakan itu karena tadi dia sudah sempat datang dan beberapa kali dia memanggilku namun tak ada balasan dariku…

setelah dia datang lagi, dia langsung merebahkan tubuhnya di tempat tidur sambil berkata ‘aku mau numpang tidur ya Ris,….’ hmm.. aku merasakan ada sedikit keanehan pada dirinya, tp aku tak langsung mengungkapkan itu padanya.. aku membiarkan dia terlelap sejenak dan setelah dia bangun baru aku basa basi mengajaknya keluar untuk membeli makan malam..

setelah pulang dan menyantap makan malam barulah aku membuka percakapan.. (aku tahu dia bukan tipe orang yang mau menceritakan masalahnya begitu saja tanpa ada pancingan terlebih dahulu) dan pancinganku tadi cukup berhasil, dia mulai sedikit bercerita dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi padanya…

setelah bercerita aku pun memberikan banyak masukan padanya (kepekaanku pada sesuatu membuatku bisa merasakan apa yang orang lain rasakan) dan menceritakan beberapa pengalamanku yang mungkin bisa jadi tolak ukur agar dia bisa menghadapi masalah ini dengan bijak…

setelah lama berbincang aku merasakan ada sedikit kelegahan di hatinya dan bagiku itu sangat baik.. karena jika ada beban dalam pikiran dan hati kita, tak dapat dipungkiri seluruh kegiatan yang kita kerjakan pasti akan terkena dampaknya dan memang jalan yang terbaik adalah kita harus mengambil waktu untuk bisa membuat keadaan hati dan pikiran kita tenang kembali…

setelah puas bercerita, dia pun berpamitan untuk pulang.. setelah dia pulang aku pun mulai sedikit melirik ke masa laluku.. dulu aku adalah tipe orang yang selalu menganggap semua masalah yang datang padaku tidak ada yang tidak rumit, semua begitu mengganggu pikiranku dan merusak ketentraman hatiku… aku jarang mau berbagi dengan orang lain karena aku selalu bisa menerka apa yang mereka katakan dan lagi-lagi aku pasti lebih memilih untuk menuruti emosi dipikiranku dibanding harus mengikuti saran mereka..

tapi itulah hidup, pengalaman adalah guru yang baik… dan kini aku bukan seperti aku yang dulu… semua masalah yang aku hadapi, aku usahakan untuk aku cerna dengan baik dan berbagi dengan orang-orang yang memang aku percaya bisa membantuku memberi dukungan atau masukan yang baik untuk masalahku.

Kini, Inilah yang aku lakukan ketika aku mempunyai masalah:

  1. Berdoa: biasanya sebelum aku share ke orang lain, aku menceritakannya dulu dalam doaku.. karena aku begitu yakin, bahwa semua masalah yang terjadi dalam hidupku, diijinkan terjadi oleh Tuhan, sekecil atau sebesar apapun masalah itu… jika aku memohon bantuan pada-Nya pasti akan ada jalan..
  2. Memilih teman curhat yang tepat: aku sering susah memilihnya, jadi kadang aku lebih nyaman ketika lagi ngobrol sama seseorang dan orang itu yang bersedia mendengar ceritaku barulah aku menceritakan masalahku… tapi tidak langsung aku ceritakan begitu saja, biasanya aku memfilternya terlebih dahulu… maksudnya, sebelum aku menceritakan masalahku, terkadang aku mencoba untuk memahami orang itu dulu.. apakah ini memang saat yang tepat berbagi dengan dia, atau malah dia sedang punya masalah juga?setelah mengetahui itu, barulah aku menilik lagi apakah dia pernah mengalami masalah ini atau tidak.. karena menurut aku, ketika kita sedang mengalami masalah pasti Tuhan akan menyediakan malaikat-malaikat tanpa sayap-Nya yang mau membantu kita.. dan menurutku orang-orang yang biasa dihadirkan adalah orang-orang yang sudah pernah melewati masa-masa yang sedang kita alami itu…
  3. Setelah mendapatkan orang yang tepat untuk diajak berbagi, barulah aku menceritakan masalahku… nah, setelah menceritakan semuanya, barulah aku berusaha untuk mendengarkan pendapatnya dan berusaha untuk tidak keras hati.. karena akan percuma jika aku keras hati dan membekukan pikiranku dalam pendapatku sendiri. Nanti yang ada malah apapun yang dikatakan oleh dia atau semua solusi yang dia berikan akan seperti angin lalu bagiku…
  4. Renungi kembali tiap detail masalah tadi dan solusi yang diberikan dipilah dan coba diaplikasikan…
  5. Jika semua masalah sudah bisa dilalui, jadikanlah masalah tadi sebagai pembelajaran agar kita makin dewasa dalam menghadapi hidup ini.. ^__^

tidak ada yang baik, tidak ada yang buruk….

semua itu hanya ada dalam pikiran (Shakespare)

No comments yet»

Leave a Reply

